Apakah Nge-Blog 2018 Masih Bisa Menghasilkan Duit?

Yo what's up smart people, selang berapa bulan gua dah jarang update di blog ini. You know what, beberapa kegiatan harus gua lakukan dalam waktu serentak, harap di maklum yah guys. Sebelumnya, Selamat tahun baru 2018 alasannya adalah gua belum ngucapin itu sama sekali buat kalian.

 selang berapa bulan gua dah jarang update di blog ini Apakah Nge-Blog 2018 Masih Bisa Menghasilkan Uang?


Finally, gua aktif lagi nge-Blog asyik di Indobloghelper ini. Materi yang mau gua share yaitu seputar ngeblog di tahun 2018 apakah masih worthed? Masihkah mampu menghasilkan duit or uang? Atau cuma buang-buang waktu doang? Lets debate!

Baca dahulu ni bro:  dongeng pengalaman adsense pertama

Well, tahun 2018 banyak pergeseran drastis terjadi di ranah teknologi khususnya dunia Web. Mulai dari sisi design, framework, sampai dengan animo color pallete jadi kriteria lifestyle people jaman now.

Flashback 3 - 5 tahun

Blog ialah salah satu platform yang mengalami perubahan besar sejak Google mengeluarkan Adsense selaku tools penambang duit untuk para blogger.

Banyak blogger berhasil lahir pada kurun 2008 - 2012, bahkan hingga penghasilan adsense perbulan mereka bisa meraih ratusan juta rupiah. Bayangin guys loe mampu beli kerupuk 1 kamar pake uang segitu ha...ha...ha. Katakanlah mas Eka, Maxmanroe, mba Indri dan kawan blogger lainnya yang gak mampu gua sebutin satu-satu.

Mereka mampu menghasilkan lebih dari 20 juta per bulan bahkan sampai ratusan juta! It's so amazing dude.

Salah satu tata cara yang dipakai para senior yaitu SEO Whitehat.


Kenapa itu bisa terjadi?

Kala itu masih belum ada media youtube yang bersatu dengan google Adsense. Youtube hanyalah youtube yang memutar video secara online tanpa ada ads atau jaringan periklanan didalamnya. But, karena Google pintar, mereka melihat bahwa ketika ini youtube mendapatkan traffic sangat tinggi dan penggunanya terus meningkat, maka dirilislah Google Adsense untuk youtube guna menyelaraskan tata cara periklanan.

So, apakah kini youtube lebih dari blog? Apakah blog telah tidak menciptakan uang lagi?
Mari kita cek yo!

Kondisi sekarang

Gua udah gak lagi bergabung dengan Google Adsense, semenjak penghasilan gua di blog yang satunya lagi itu senantiasa menurun mulai dari 50 ribu / hari, sampai 300 perak per hari. Gimana gak sebel coba? padahal it's still the same alias gak ada yang gua rubah di situs web tersebut.

Dari sini gua curiga bahwa Google lagi ngembangin produk / tools barunya untuk memperkaya feature di area jasa periklanan. I dont mind...

Sekarang para blogger senior entah berada dimana, mungkin mereka sedang menggunakan fake account atau secondary account (kita gak pernah tahu).

Kesimpulan

Menurut gua nih ya, lebih baik GAK USAH deh untuk membuatblog KALAU tujuannya ialah money oriented. Gua sih always fun, ngeblog dimana aja, mengosongkan asumsi disaat resah. As long as you can see guys, gua gak meletakkan iklan di website indobloghelper ini. Bukan alasannya adalah ditolak adsense, tapi inilah hidup gua. Indobloghelper memuat semua keluh kesah gua seputar dunia blogging.

Tapi it possibly happen only for a couple of weeks. Kalau adsense-nya dah kece lagi, ada kemungkinan gua pake lagi dah.

Jawaban sebenarnya ialah, pastinya loe mampu menghasilkan duit melalui blog. Tapi butuh proses jangka panjang untuk meraih achievement itu, bila loe 2 ahad aja dah gak mampu konsisten maka lebih baik lu akhiri saja perjalanan ngeblognya.

Kalau loe ingin cari uang, boleh pindah ke youtube. Tapi sayangnya youtube punya rules baru yang patut dimengerti oleh client-client-nya dimana gak semua video bisa dibayar.

Terdengar miris bukan?

So, ayo kita perdebatkan perihal penghasilan loe di tahun 2018 udah hingga berapa juta?

0 Response to "Apakah Nge-Blog 2018 Masih Bisa Menghasilkan Duit?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel