G 004 : Cara Menambah Nama Pengguna Google Apps

Sebelumnya anda sudah mengenal apa itu Google Apps, bagaimana membuat akun di Google Apps, dan juga telah menggunakan Wizard Google Apps, selanjutnya adalah bagaimana menambahkan nama pengguna di Google Apps. Nama Pengguna ini, selain berfungsi sebagai akun untuk mengakses ke semua layanan google, juga berfungsi sebagai email. Sebenarnya menambahkan Nama Pengguna adalah membuatkan email baru bagi anggota-anggota yang sekomunitas atau serekan kerja dalam sebuah perusahaan atau organisasi, begitu juga dengan sekolah.

Di sini memang di peruntukkan untuk admin yang dipercayakan bisa mengkonfigurasikan domain perusahaan dengan Google Apps. Sehingga hanya di akun adminlah yang bisa menambah dan menghapus nama pengguna yang terdaftar. Keuntungan menggunakan email perusahaan seperti ini adalah dikontrol di satu admin, yang jika sewaktu-waktu salah satu anggotanya kehilangan akses untuk menggunakan email perusahaannya, maka di akun admin dapat mengelolanya dan membuatkannya password yang baru.

Jika anda ingin menambahkan nama pengguna di Google Apps anda, sebenarnya ada dua cara, yaitu :
  1. Menambahkan Nama Pengguna (email) per individu, dan
  2. Menambahkan Nama Pengguna (email) secara massal.
Silahkan masuk atau login terlebih dahulu di laman Konsol Admin. Setelah login, anda akan melihat halaman dasbor admin seperti gambar berikut. Klik ikon bergambar orang untuk menambahkan Nama Pengguna baru.


Di halaman inilah, admin bisa menambah dan menghapus nama pengguna terdaftar. Perhatikan pojok kanan bawah halaman, terdapat tombol + melayang. Silahkan diklik tombol + melayang tersebut sehingga muncul dua opsi cara menambah nama pengguna.


Jika anda memilih pilihan yang paling bawah, yakni Tambahkan pengguna, maka cara ini sangat manual, karena anda harus menginput satu persatu nama pengguna yang ingin anda tambahkan. Kemudian jika anda memilih opsi yang kedua, opsi yang teratas, yakni Tambahkan beberapa pengguna, maka cara ini bisa anda gunakan untuk menambahkan nama pengguna secara massal.

Jika mengklik tombol melayang Tambahkan beberapa pengguna, maka akan ditampilkan kotak dialog di mana anda harus unduh format excel yang diberikan. kemudian melengkapi file excel tersebut dengan menginput nama anggota yang ingin ditambahkan, menginput nama email, dan juga password sementara. Tepatnya seperti gambar berikut.


Selanjutnya adalah mengupload file tersebut di kotak dialog Tambahkan beberapa pengguna yang tadi. tunggu hingga proses upload selesai, dan akhirnya anda telah berhasil menambahkn nama pengguna secara massal.

0 Response to "G 004 : Cara Menambah Nama Pengguna Google Apps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel