Tanda-Tanda Kehidupan Modern di 50 Galaksi Berhasil Terdeteksi

Kehidupan makhluk asing berteknologi tinggi mungkin ada di 50 galaksi di luar bimasakti (The Milky Way). Teori ini didasarkan atas terdeteksinya radiasi berupa sinyal panas dan cahaya dari galaksi lain, sama seperti sinyal yang dipancarkan Bumi ke luar angkasa. 



Sejumlah ilmuwan di Universitas Negara Bagian Pennsylvania di Amerika Serikat menyelidiki jejak radiasi ini. Setelah mengamati 100 ribu galaksi, mereka menyebut 50 di antaranya berpotensi dipenuhi kehidupan. 

"Kami menemukan sekitar 50 galaksi yang memancarkan radiasi sinar infra merah level tinggi," ucap Roger Griffith, salah satu peneliti Universitas Negara Bagian Pennsylvania. 

"Studi kami mungkin dapat menunjukkan apakah sumber radiasi ini diakibatkan proses astronomi natural, atau mengindikasikan adanya peradaban kehidupan berteknologi tinggi," sambung dia, seperti dilansir Mirror.co.uk, belum lama ini. 

Pada era 1960-an, ahli fisika Freeman Dyson mengatakan kehidupan lain di luar Bumi mungkin dapat terdeteksi dari emisi infra merah di luar angkasa. Ketika itu, mendeteksi sinar inframerah di luar angkasa masih belum memungkinkan, namun kini telah muncul sebuah satelit bernama WISE. 

"Ide di balik riset kami adalah, jika ada sebuah galaksi yang dihuni kehidupan berteknologi tinggi, maka energi yang dihasilkan dari peradaan itu akan dapat terdeteksi dalam gelombang inframerah. Radiasi semacam ini dapat terdeteksi WISE," tutur Dokter Jason Wright, asisten profesor astronomi dan astrofisika Center for Exoplanets and Habitable Worlds dari Universitas Negara Bagian Pennsylvania. 

"Apakah peradaban maju itu menggunakan energi dalam jumlah besar untuk menyalakan komputer, penerbangan, komunikasi, atau lainnya, kami belum dapat membayangkannya. Namun energi ini pasti menghasilkan radiasi seperti panas, seperti hukum fisika yang menyebabkan komputer mengeluarkan radiasi panas saat dinyalakan," tambah dia. 

0 Response to "Tanda-Tanda Kehidupan Modern di 50 Galaksi Berhasil Terdeteksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel