Ini dia Gaun 4D Pertama di Dunia

Sebuah studio desain di Amerika telah menggunakan teknologi cetak 3D untuk membuat gaun yang inovatif. Gaun itu bisa disesuaikan dengan tubuh wanita yang akan menggunakannya. 



Penemuan ini bisa dibilang sangat luar biasa karena akhirnya kita tak harus pergi ke tukang jahit untuk menjahit pakaian yang pas dengan tubuh kita. Namun sayangnya harga pembuatan pakaian 4D ini tidak murah.

Untuk membuat satu gaun saja, studio ini harus menggelontorkan dana 1.900 pound sterling atau sekitar Rp 37 juta. Creators Nervous System menyebut penemuan mereka sebagai gaun 4D.

Jessica Rosenkrantz, pendiri dan direktur kreatif Creators Nervous System, mengungkapkan bahwa untuk mencetak pakaian tersebut dibutuhkan waktu sekitar 48 jam.

Perusahaan, yang berbasis di Massachusetts, Amerika Serikat, ini juga telah menciptakan aplikasi smartphone dan tablet, yang dapat membantu pengguna untuk memanipulasi gaun mereka. Dengan aplikasi tersebut, pola, gaya, dan fleksibilitas gaun bisa diubah.

"Saya tertarik dengan masa depan di mana pakaian bisa dibuat menjadi lebih pribadi dan disesuaikan dengan tubuh penggunanya.

Gaun 4D ini kemudian dicetak dengan menggunakan proses yang disebut Selective Laser Sintering. Proses ini menggunakan laser untuk menyatukan bubuk nilon, dan membuat bubuk itu meleleh di antara semua ruang.







(sumber)

0 Response to "Ini dia Gaun 4D Pertama di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel