Struktur Halaman HTML

Semua halaman tersusun oleh dua bagian, yakni kepala dan tubuh. Kepala dikodekan dengan head dan tubuh dikodekan dengan body. Semua isi halaman akan dibaca sebagai html jika diletakkan di antara tag <html> dan tag </htmL>, sehingga struktur sebuah halaman html adalah seperti berikut :

<html>
  <head>
    <!-- Bagian ini adalah untuk judul dan informasi teknis halaman -->
  </.head>
  <body>
     <!-- Bagian ini adalah untuk semua yang ingin anda tampilkan pada halaman -->
  </body>
</html>

Di bagian kepala, yakni <head> ... </head> selalu digunakan untuk tulisan dan tag yang tidak ditunjukkan secara langsung, seperti judul yang hanya ditampilkan di bagian tab browser, favicon, deskripsi, author, keywords, style, css dan js. Sementara di bagian body, yakni <body> ... </body> selalu digunakan untuk tulisan dan tag yang ditunjukkan secara langsung, seperti header, menu bar, widget, artikel, dan footer.


Jika anda pernah melihat sebuah halaman web dan anda bisa menyimpan halaman web itu, cobalah untuk membuka file tersebut dengan menggunakan editor notepad, di situ anda akan melihat susunan dan struktur dari halaman web tersebut, dan anda juga bisa memperhatikan tag dan script apa saja yang berada di antara tag head dan body.



0 Response to "Struktur Halaman HTML"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel