Manfaat dalam Berjilbab



[Copas dari kak Hadi : Bogor]Sebenarnya ini merupakan urusan wanita, tapi setelah saya membaca kiriman dari seorang teman tentang hukuman bagi kaum hawa yang secara disengaja ataupun tak disengaja,
dengan niat ataupun tanpa niat menampakkan auratnya, maksud saya adalah rambut dan (maaf) bentuk dada yang masih terlihat walaupun sudah tertutupi oleh busana. Ternyata kelak di akhirat nanti mendapat siksaan yang sangat pedih, saya menjadi terpanggil untuk mencoba membujuk teman-teman muslimah supaya memulai kebiasaan berjilbab. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat saya yang telah membantu memberikan opininya dan referensi dari ayat-ayat Al-Qur’an.


Allah berfirman           :
Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan kain jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab (33): 59)
Imam Ali As berkata  :
“Saya dan Fatimah menghadap Rasulullah SAW dan kami melihat beliau dalam keadaan menangis tersedu-sedu dan kami berkata kepada beliau: apa yang membuat anda menangis tersedu-sedu?”
Rasulullah Bersabda :
“wahai Ali pada malam mi’raj ketika aku pergi ke langit, aku melihat wanita-wanita umatku dalam azab dan siksa yang sangat pedih sehingga aku tidak mengenali mereka. Oleh karena itu, sejak aku melihat pedihnya azab dan siksa beraka, aku menangis. Aku melihat wanita yang digantung dengan rambutnya dan otak kepalanya mendidih, mereka adalah wanita yang tidak mau menutupi rambutnya dari pandangan laki-laki yang bukan mahram”


Rasulullah telah bersabda :
"Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan" (H.R. Abu Daud)
 
Berikut beberapa manfaat yang mungkin dapat dijadikan pertimbangan oleh teman-teman muslimah sebagai acuan untuk memulai dan mempertahankan kebiasaan berjilbab:
Ø  Manfaat berjilbab menurut sudut pandang Agama
o  Mengontrol akhlak dan hati
Dengan berjilbab maka teman secara naluri akan merasa malu jika sewaktu-waktu ingin berbuat sesuatu yang menyimpang/dilarang oleh agama.
o  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
o  Selamat dari azab Allah
“Ada dua macam penghuni Neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh” ( HR. Muslim).

Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.
o  Setiap amal kebaikan yang teman lakukan akan lebih mudah diterima disisi Allah
Allah tidak akan menerima suatu kebaikan kaum muslimah  jika mereka tidak mau melaksanakan perintahnya untuk menutup auratnya(berjilbab).
o   Terhormat di mata Allah
Yang membedakan antar manusia disisiNya hanyalah satu perkara: yaitu keimanan dan ketaqwaan(dalam menjalankan perintahNya).
Ø    Manfaat berjilbab dari sudut pandang Sosial
o  Melindungi dan meningkatkan kedudukan sosial di dalam masyarakat.
o  Menjauhkan diri dari bahaya nafsu yang berujung pada kriminalitas seksual
Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena wanita merupakan fitnah (godaan) terbesar. Sebagaiman sabda Nabi Muhammad SAW,
“Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari)
o  Terhindar dari gangguan cacian dan hinaan
ØManfaat berjilbab dari sudut pandang Logika
o  Menjaga dan meningkatkan estetika diri
Cantik Itu Bukan Hanya Dalam sebatas Pandangan yang Indah dan Sejuk dimata..,

Dalam NLP(Neuro Linguistik rogram) Terdapat Istilah "Mind, Body& Soul Are One System" 
Begitu pun Cantik, Harus Memenuhi 3 Kriteria di Atas, Cantik "Mind" nya Selalu Bersikap Positif dan Selalu Memberi Semangat,,Cantik "Soul"-nya,, Dekat dengan Tuhanya dan Tenang Jiwanya..,Canti "Body"-nya, Bukan persoalan Pandangan, tetali Lebih pada Bagaimana Mensyukuri atas fisik yang telah diberikan dan Rajin Merawat Dirinya agar Fisiknya senantiasa Bersih dan Menjaga Fisikny dari yang Bukan mahramnya,,
Cantik itu Menyejukan hati dan membuat Nyaman orang yang Berada disekitarnya
o  Membantu menjaga kesehatan
§  Memperkecil peluang kemungkinan terkena kanker:
Kanker adalah sekumpulan penyakit yang menyebabkan sebagian sel tubuh berubah sifatnya. Kanker kulit adalah tumor-tumor yang terbentuk akibat kekacauan dalam sel yang disebabkan oleh penyinaran, zat-zat kimia, dan sebagainya.
Penelitian menunjukkan kanker kulit biasanya disebabkan oleh sinar Ultra Violet (UV) yang menyinari wajah, leher, tangan, dan kaki. Kanker ini banyak menyerang orang berkulit putih, sebab kulit putih lebih mudah terbakar matahari.
Kanker tidaklah membeda-bedakan antara laki-laki dan wanita. Hanya saja, wanita memiliki daya tahan tubuh lebih rendah daripada laki-laki. Oleh karena itu, wanita lebih mudah terserang penyakit khususnya kanker kulit.
Oleh karena itu, cara untuk melindungi tubuh dari kanker kulit adalah dengan menutupi kulit. Salah satunya dengan berjilbab. Karena dengan berjilbab, kita melindungi kulit kita dari sinar UV. Melindungi tubuh bukan dengan memakai kerudung gaul dan baju ketat. Kenapa? Karena hal itu percuma saja. Karena sinar UV masih bisa menembus pakaian yang ketat apalagi pakaian transparan. Berjilbab disini haruslah sesuai dengan kriteria jilbab.
§  Memperlambat gejala penuaan
Penuaan adalah proses alamiah yang sudah pasti dialami oleh semua orang, ialah lambatnya proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel dalam tubuh. Penyebab utama penuaan adalah sinar matahari, karena sinar tersebut dapat merangsang melanosit(sel-sel melanin) untuk mengeluarkan melanin, akibatnya jaringan kolagen dan elastin yang berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit menjadi rusak. Krim-krim pelindung kulit tidak mampu melindungi kulit secara maksimal dari sinar matahari, sehingga disarankan untuk memakai jilbab
§  Merawat kulit dari jerawat
Jilbab dapat membantu teman menghindarkan atau setidaknya mengurangi produksi kelenjar keringat dan minyak berlebih yang merupakan faktor internal timbulnya jerawat sehingga dapat:
o  Mengurangi biaya perawatan tubuh

Sekian artikel manfaat berjilbab dari saya, jika ada kesalahan atau teman ingin memberikan tambahan untuk perbaikan artikel ini, silahkan tinggalkan komentar atau gabung ke Forum untuk diskusi lebih dekat dengan admin dkk.

0 Response to "Manfaat dalam Berjilbab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel